Dunia Kerja vs Dunia Kuliah

Beberapa hari yang lalu saya chat dengan seorang teman. Dia adalah salah satu mantan orang keren di dunia Informatika ITS. Saat ini dia sudah bekerja di IBM. Ada banyak pelajaran yang bisa diambil tentang persepsi dunia kerja.

Berikut cuplikannya chat kami
aryu_calm12: lagi ngerjain apa Mas? Kok statusnya Busy??
arizfans: lagi belajar… :)
aryu_calm12: whew!!
aryu_calm12: blajar apa??
arizfans: banyak…duhh..dijejali banyak buku sebelum bener2 bekerja..
arizfans: aneh2 lagi..
arizfans: tivoli storage manager, AS/400, MIMIX, SOFTEK, ama ATM Programming..
arizfans: aku jadi pusing..
arizfans: :(
aryu_calm12: whew…
aryu_calm12: kereeenn..
arizfans: g keren..ga ada yang bisa.. :(
arizfans: ilmu di kuliah dikit banget yang kepake..
aryu_calm12: really??
aryu_calm12: kaya jarkom sama skali ga kepake dunk :(
arizfans: iya…
arizfans: tergantung divisinya..
arizfans: lha aku disuruh belajar memprogram mesin ATM…bener2 baru..
arizfans: bahasanya aneh..
arizfans: temenku ada sih yang jaringan.

Sejak saat itu, cakrawala saya terbuka (halah, opo2 an sih??). Entahlah bagaimna rasanya jika sudah bekerja. Yang pasti, jika kita sudah lulus tantangan semakin berat. Masih banyak “tugas” besar menanti.

Duia kuliah adalah tempat kita berlatih untuk terjun ke dunia kerja. Dunia kuliah tidak seberapa rumit setelah kita lulus kelak. Dunia kuliah hanyalah sebagian kecil dari prototipe masyarakat.

nb : sebenarnya saya tidak begitu suka menyebut dunia kuliah. Saya lebih suka menyebutnya dunia kampus. Dunia kuliah seolah-olah hanya terpatok pada kuliah saja. Padahal kan tidak seperti itu. Walaupun kuliah adalah tugas utama alias amanah dari orang tua, tetapi banyak yang bisa kita perbuat selama di dunia kampus.

Selamat berkreasi di dunia kampus..

8 comments on “Dunia Kerja vs Dunia Kuliah

  1. Selama hidup ya kita harus selalu belajar kan? Ujian sekolah atau kuliah pasti ada akhirnya, tapi ujian hidup kan gak pernah selesai selama kita hidup! selesainya ya kalo kita dah mati…
    Salam kenal….

  2. Weewww…..
    Hebat kamu mbakDe…
    Aku koq sulit ya nulis sesuatu seperti yang kamu tulis….
    Ganbatte kudasai…

    Salam kenal ya….:p

  3. “The world isn’t always as chéték as you imagine” (PakNo’s TM)

    Semakin tinggi jenjang hidup yang kita jalani, tentu semakin banyak hal-hal baru yang akan kita dapatkan. Dunia ini pasti selalu berkembang, dan hal-hal baru akan selalu ada.

    Ndak usah khawatir, kita sebenarnya sudah pernah mengalaminya kok. Mulai dari kita TK pindah ke SD, pindah ke SMP, dan ke SMA, setiap perpindahan tingkat tentu banyak sekali hal baru yang kita dapatkan yang tidak kita sangka-sangka sebelumnya. Sebelum masuk SMA, saya ndak tau kalo ada yang namanya integral, setelah masuk SMA jadi biasa aja. Setelah kuliah, dapet kalkulus, saya pun jadi tahu pengembangan integral ke arah yang lebih luas lagi. Kuliah pun, setiap semester kita pasti menemukan banyak hal-hal baru yang tidak kita ketahui di semester sebelumnya.

    Yang penting adalah kesadaran bahwa hidup itu adalah sebuah pembelajaran tanpa batas, dan tidak berhenti sampai di tempat kita berada sekarang.

    Salam kenal :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s