Manfaat Donor Darah

Bismillah, Kali ini aryu mau sharing sedikit tentang donor darah. Seminggu yang lalu, Alhamdulillah aku masi diberi kesempatan untuk donor darah. Waktu semester 4 sempat lupa donor darah sampai 7 bulan lamanya. Duh, nyesel banget  Padahal waktu donor darah yang baik kan tiap 3 bulan sekali.
Jujur aja :p Walopun donor darah untuk kesekian kalinya, tapi tetep aja aku ga berani ngliat waktu jarum dimasukkan ke pembuluh darah. Sekali lagi aryu jujur (ya iyalah, kapan sih aryu bohong? :D) , donor darah itu ga sakit saudara-saudara. Rasanya kaya digigit semut (emang terasa ya? ) atau kalo mau ga lebay, rasanya kaya dicubit kecil + tidak sampai 2 detik. Setelah itu waktu darah mengalir, ga terasa sakit apa-apa.

Beberapa paradigma yang salah tentang Donor Darah
1. Donor darah buat badan tambah gemuk.
Hal ini tergantung dari masing-masing orang. Tergantung dari manajemen makanan dia. Buktinya aku tetep aja tuh.. tetep gemuk.hehehe.. tapi ga nambah.. :p
2. Donor darah buat mendatangkan penyakit
Penyakit apa ya? Kalo jarum suntik, kan sekali pake. Jadi ga mungkin kita terkena penyakit lewat jarum suntik. Ow ya, beberapa hari yang lalu ngobrol ma temen, sebut saja Rio, ga sengaja cerita-cerita tentang pengalaman donor darah. Dia bilang kalo bulan lalu abis donor darah untuk pertama kalinya. Beberapa hari setelah itu, setelah keliling nyari dana Schematics, dia terkena tipus. Waduw, kalo itu pasti karena amanah dia yang banyak. Bisa jadi dia kecapekan. Jangan ragu untuk donor darah lagi ya Bro.
3. Donor darah buat tambah cantik
Wah, kok bisa? Maksudnya apa? Tapi kalo cantik hatinya tepat sekali. Karena hatinya cantik, jadilah menular ke fisik alias wajah :D So, kalo mau cantik, donor darah aja :D

Manfaat donor darah bagi kita
1. Menambah pahala. Coz life is for God and for searching ridho Allah :)
2. Bisa menolong orang lain tanpa harus tahu siapa. Btw, dulu aku punya teman yang pada waktu itu dia mau dioperasi dan dia butuh 12 kantong darah! Bayangkan aja kalo tiba-tiba waktu tu hanya ada 11 kantong darah atau persediaan habis.
3. Periksa kesehatan melalui darah gratis. Hehehe.. Coz setiap darah yang didonorkan akan dites terlebih dahulu, apakah mengandung penyakit berbahaya kaya AIDS, hepatitis dll. Kalo seandainya berbahaya, ntar kita dihubungi :p
4. Regenerasi sel darah.
5. Dll

Syarat Donor Darah (yang tertera di vitamin penambah darah) :
1. Berbadan sehat
2. Berusia 17-65 tahun
3. Berat badan > 45 kg
4. Tidak sedang menderita penyakit
5. Wanita : tidak edang hamil dan menyusui
6. Jarak waktu donor darah min 3 bulan

Ada syarat tambahan yang tidak tertulis dan kita harus tahu
1. Kandungan hemoglobin dalam darah > 12,5 (CMIIW)
2. Spesial buat wanita, tidak sedang haid dan jarak setelah haid dengan waktu donor darah sebaiknya 1 minggu.

Tips dan Trik buat yang mau donor darah
– Pastikan perut terisi sebelum donor (sarapan dulu)
– Malam hari sebelum donor, tidur cukup
– Buat yang tekanan darah agak rendah,olahraga ringan sebelum donor. Tekanan darah normal 120/80. Tekanan darah 100-110 / 70-80 biasanya masi diperbolehkan donor. (Secara aku juga dianugerahi tekanan darah agak rendah :D )
– Rileks aja waktu jarum suntik uda mau masuk

Spesial Tips buat yang DONOR PERDANA
>>Kalo belum pernah donor, biasanya setelah donor agak pusing. Bahkan bisa jadi pingsan. Kalo terasa pusing pada waktu donor (darah masih mengalir), segera bilang ke petugas. Setelah donor dipaksakan istirahat sebentar di tempat donor. Jangan berjalan dulu. Duduk secara perlahan.

Buat yang takut jarum
>> Ga usah ngeliat seberapa besar lubang jarumnya. Percaya deh, ga sakit kok

Tips tambahan
– Baca basmallah dan niatkan untuk Allah serta sebagai sarana agar bermanfaat untuk orang lain
– Rasakan nikmat yang Allah berikan ketika darah mengalir
– Berbahagialah menjadi orang yang dapat donor darah karena itu pertanda bahwa kita diberi nikmat SEHAT

Alhamdulillah, semoga bermanfaat. :) “Dan berbahagialah orang-orang yang diberi kesempatan untuk donor darah”

49 comments on “Manfaat Donor Darah

  1. wew,, aku cuma pernah donor 1x, pas dulu SMA kelas 3..
    dah brapa taun lalu ya? :P
    trus mpe skarang blom pernah lagi.. soalnya takut… takut pingsan T_T

  2. jadi inget dulu waktu SMA,
    satu kelas ikut donor semua,
    habis donor langsung maen bola…
    sampek rumah langsung puyeng-puyeng….

  3. @Ikaaa
    Ayo donor Ka.. ato SITC ngadakan donor darah Islami.. :D

    @ratr
    Kmu trauma ya? coz ada temen kita yg badannya gede, tp waktu donor pertama kali langsung pingsan?? hweheheh..

    @fitra
    Uda memenuhi syaratnya kan? UDa umur 17? :p , berat memenuhi? langsung aja.. ke PMI ..:D

    @Septiandy
    Naikin berat badan dulu Sep…

    @akbarindonesia
    Salahnya sapa coba? biz donor maen bola?? :p Btw, dulu pertama kali donor waktu SMA, kan sistemnya CLASS MOVING. Nunggu pergantian kelas, aku gak kuat berdiri.. jadinya langsung ke UKS.. :(

  4. wah, sbg org yg dijadikan referensi & newbie donor darah sy mendukung 101% persen (1 persennya bonus) diadakannya donor darah by SITC/HnduweMTC , darahnya anak TC harus sgera di”refresh” ;

  5. waaaaa….senenngnya yang bisa donor darah
    aku udah 3 kali gagal bisa donor darah
    gara Hb ku abnormal
    padahal dulu pas SMA ga perna absen yang namanya donor
    hehehehhe…
    kok makin tua gini malah ga bisa donor
    menyedihkan

  6. klo emang tekanan darah rendah ya emang ga boleh, tapi klo agak rendah bisa diakali dengan olahraga ringan, kaya push up, back up dll. Eit, bercanda.. :p lari2 dulu aja.. tp jgn di depan petugasnya. hwehehehe

  7. salam hangat para bloger, saya kebetulan petugas Unit transfusi darah PMI, jadi kita bisa diskusi yang berhubungan dengan donor darah. ok ?

    aryu : wah, kebetulan sekali pak saya mau nanya. 4 hari yang lalu saya donor. Nah, waktu mbak petugasnya nusukin jarum terasa sakit. Spontan saya langsung teriak”Aduh mbak sakit!”. Padahal sebelum-sebelumnya saya gak pernah merasa sakit(biasanya cuma kaya digigit semut). Nah, setelah selesai donor besok nya ternyata bekas jarum itu jadi membiru ( kaya memar). Kenapa bisa kaya gtu ya Pak? ato karena jarum nya terlalu dalam masuknya? ato pembuluh darah nya luka? saya ga ngerti Pak.. sampe hari ini masi membiru. Silakan dijawab di sini, biar temen-temen pada tahu juga. Terima kasih Pak :D

  8. kalau semua persyaratan donor darah terpenuhi kecuali usia (16 th) boleh nggak ikut donor darah?

    aryu : Coba aja nanya ke petugas, maybe dibolehin, dengan alasan wajahnya bermutu(bermuka tua)..hwehe8x..

  9. jujur….
    aku tidak pernah…
    sam sekali… :-)

    semoga yang berdonor darah…
    dapat ridha dari tuhan…
    dan tentu saja..
    akan tercapai semua keinginannya…

    aryu : coba saja donor.. asyik kok.. sensasi nya mangstab :D apalagi pas darah mengalir.. kayanya dosa2 ikut rontok juga (cuma imajinasi saja :D padahal dosa2 masi menumpuk..istighfar..istighfar..)

  10. pengalaman pertama donor???
    jujur baru tahun ini, bulan februari kemarin… hehehe
    sensasi pertama kali donor???
    hummm…. biasa aja,, ga berasa apa2… :) percaya d…

    aryu : tergantung imajinasi masing2 mbak ( afwan, lagi lebay mode on niy ceritanya.he8x..)
    btw mbak, selamat ya uda pertama kali donor..

  11. iya,,baru 2 kali donor darah,,waktu kkn-ppl dulu pertama kali donor darah karena saya sebenernya terpaksa si,hehe habis jadi ketua kegiatan si,,mau ga mau deh..
    hbs donor pertama kali jalan eh mau pingsan rasanya,,hbs itu ya udah biasa lagi..
    hbs itu donor yang kedua sudah ga kayak yg pertama,,udah biasa gt deh..
    yang ketiga menyusul insy..
    ayo donor darah….

    aryu : sep.. hihihi.. awalnya terpaksa ya.. tp gpp… terpaksa utk kebaikan.. ayo donor darah :D

  12. ehhh…pernah juga nich, donor darah yang ke-2 g pake makan dulu,,,,hehehehe lupa g makan. tapi alhmdulillah masih sehat-sehat ajah. huh tak kan ku ulangi lg. bener g c donor darah bikin gemuk??takut euy, secara gue cwe gt.

  13. iya bener , ternyata donor darah g’ sakit.klo yw gtu kan sejak dlu sering ja donor darah ,biar regenerasi darah .kan awet muda
    hehhehhehehe :-)

  14. Assalaamu’alaikum Wr. Wb Tmen2 yg budiman aq punya info nih bagi tmen2 yang tinggal di daerah kembangan Jakarta barat,, tanggal 28 Mei 2010 ada dnor darah loh penyelenggaranya adalah dari pondok yatim & Dhu’fa, skalian mereka mau bersilaturahmi sama masyarakat sekitar krna mereka baru menempati asrama yang baru.. bgi tmn2 yg mau mndonorkan darahnya bisa mendaftar mulai 2 hari sblum hari kegiatan tersebut…Wslm…

  15. aku tdi siang donor bwt prtma kli d tempat krja…. pingsan alhasil… huhu y ia pas udh slese lngsung go berdiri nungguin pmbeli,,, heee…iyyyyyy pngsnnya kapok.. tp ttp smngt bwt donor lg

  16. Ass…
    makasih infonya :) jadi tau ternyata manfaat donor darah banyak ya

    kemarin dah mau donor darah, di cek Hb xa jg bagus
    tapi tensinya rendah…jadi baru hari ini ke rumah sakit lagi :)
    semoga bisa hari ini

    ^_^

  17. donor darah ternyata gak sakit ya.. hehe, sebelumnya dah takut duluan ma jarumnya, ternyata gak seserem yg dibayangin.. bakal jadi agenda rutin nih, secara manfaatnya bagus buat kesehatan kata petugas PMI-nya :p

    — visit http://m.rujakasik.com

  18. yak betul x.,.:-)
    donor darah mank sangat bermanfaat bg kita,.,.

    dulu saya sering sakit, bahkan kata dokterpun saya kelebihan protein,,.tp alhamduliillah setelah rutin donor 3 bulan sekali, alhmadulillah saya ngerasa enakan dengan badan ini,.,

    lagi pulakan donor darah itu, buat kita sekalian bersedekah :-)

  19. Nama’n Donor Darah itu manfaat’n buanyak buanget ya……
    Gw udah ngerasain xox…..
    klo udah 1X pasti ketagihan……
    Kenicmatan’n tuch pas waktu di masukin jarum…..
    Hehehehe…..

  20. sebagai manusia tulen kita wajib untuk donor darah,.
    cz manusia adlah mahluk sosial,dg donor darah secara tidak langsung kita telah “menghidupkan” ciptaan Tuhan.

    maka jangan ragu2 untuk mendonor kan darahmu..
    cayo..

  21. Mbak…aku baru aja kemaren mau donor darah… Coz udah di niatin sih dari rumah kalo dihari ultah ku
    akan mencoba buat donor..

    Niat udah mantap, aq baru mau nyoba perdana nih, eh pas dicek darahnya ternyata tekanan darahku 110/70…kata susternya kamu gak boleh donor dulu…
    Trus aku kan ngeyel gitu ya…mana udah jauh2 datang niat udah bulet eh malah susternya bilang minimal buat donor katanya 120/70-80…
    Eh benar saja waktu itu karena mungkin aku tegang atau apalah gugup ..pokoknya, tiba tiba aku pingsan…

    Mana susternya jutek banget lagi…
    Aq jadi malu sendiri deh….
    Tp ntar aq mau coba lagi lho…doain biar bisa ya.. He

  22. Sebenernya aku dapat tugas dari petugas PMI buat ngajak temen2 q donor darah. Tapi aku takut entar disangkain sok, pamer atau apalah. Yaudah, jadinya diem j n ngajaknya malu2 gimandrong gitu.. :D

  23. mba..dari dulu bahkan sekarang pun saya mau nyoba donor darah,,tapi harus kemana datangya klo mau donorin darah..coz g pernah dapat info pelaksanaan acara donor darah..kl lg ngadain acara donorin darah kabarin ya so kan buat kesehatan aku juga y.

  24. ada yg bilang sugesti aja kok masalah pusing

    klo dibawa kepikiran takut pusing kemungkinan besar ya akan pusing

    toh saya donornya lagi bulan puasa & ttp puasa & baik2 aja, gak ada masalah

    jadi yuk mari kita beramai2 mendonorkan darah :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s