Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam

Bismillah, walaupun sudah banyak di blog orang lain tentang doa awal dan akhir tahun, tapi gak ada salahnya ikut post juga di blog ini. Ga ada maksud ikut2an, cuma sebagai pengingat diri saja.

DOA AKHIR TAHUN

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim
Wa sallallaahu ‘ala sayyidinaa wa maulaanaa Muhammadiw wa ‘alaa aalihi wa sahbihii wa sallam.
Allaahumma maa ‘amiltu fi haazihis-sanati mimmaa nahaitani ‘anhu fa lam atub minhu wa lam tardahuu
wa lam tansahuu wa halimta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa uquubati wa da’autani ilattaubati minhu
ba’da jur’ati alaa ma’siyatika fa inni astagfiruka fagfirlii wa maa ‘amiltu fiihaa mimma tardaahu wa
wa’attani ‘alaihis-sawaaba fas’alukallahumma yaa kariimu yaa zal-jalaali wal ikraam,an tataqabbalahuu

minni wa laa taqta’ rajaa’i minkaa yaa kariim, wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadiw wa ‘alaa ‘aalihii wa sahbihii wa sallam

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW,
beserta para keluarga dan sahabatnya.
Ya Allah,segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu,sedang kami belum bertaubat,padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya,dan Engkau telah mengajak saya untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat.Karena itu ya Allah, saya mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan-Mu.
Segala apa yang telah saya kerjakan, selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai

dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan,semoga berkenan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah.
Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad,keluarga dan sahabatnya.

Amin yaa rabbal ‘alamin.

nb : Doa akhir tahun dibaca waktu Ashar, sesudah sholat Ashar.

DOA AWAL TAHUN

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim

Wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa wa maulaanaa Muhammadiw wa ‘alaa ‘aalihi wa sahbihii wa sallam.
Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwal, wa ‘alaa fadlikal-’azimi wa juudila-mu’awwali,wa hazaa ‘aamun jadidun qad aqbala nas’alukal ‘ismata fiihi minasy-syaitaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haazihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytigaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa zal-jalaali wal-ikraamin yaa arhamar-raahimiin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa wa maulaanaa Muhammadiw wa ‘alaa ‘aalihi wa ashaabihii wa sallam

Amin yaa rabbal ‘alamin

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya.
Ya Allah Engkaulah Yang Abadi, Dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempat bergantung.
Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya.
Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan,agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan.
Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan
kami Nabi Muhammad SAW,beserta para keluarganya dan sahabatnya.

Amin yaa rabbal ‘alamin

NB : Doa ini dibaca setelah sholat maghrib

Semoga bermanfaat :) Mohon koreksi nya jika ada kesalahan

About these ads

98 comments on “Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam

  1. Assalamu’alaikum wr wb
    Subject doa akhir dan awal tahun, mohon info ada dalil yang lebih kuat ga??

    HAPPY NEW YEAR 1430H

    May Allah wipe out our sin and increase our Iman and Amal… Amin…

  2. Kalau dilihat di link tersebut, tidak disebutkan shahabat yang berijtihad dan siapa yang meriwayatkan hal tersebut. Wallaahu a’lam. Setahuku membuat hal-hal baru dalam Islam adalah haram hukumnya, inilah yang disebut bid’ah. Bahwasannya diyn Islam ini telah sempurna sebagaimana telah difirmankan Allah dalam surat Al Maidah, dan Rasulullah tidak menyembunyikan risalah.

    • Diriwayatkan dari Al-Turmudzî

      Artinya: “Tiap Muslim di muka bumi yang memohonkan suatu permohonan kepada Allah, pastilah permohonannya itu dikabulkan Allah, atau dijauhkan Allah daripadanya sesuatu kejahatan, selama ia mendoakan sesuatu yang tidak membawa kepada dosa atau memutuskan kasih sayang.” (HR Al-Thurmudzî).

    • Woo..sampean pasti blm prnah ngaji fiqih ya..yg namanya doa asal dipnjatkan pada allah halal hukumnya..msti sampean wong matahari..aq org bumi tidak trima sprti it diblang bit’ah..kalau sprti it bit’ah brti sampean baca quran jg bit’ah..karena jaman nabi dulu oleh para sohabt alquran hanya ditulis tangan didaun lontar..tidak dibukukan sprt skrg..jd alquran jg hasil dr bit’ah..

    • hal yang baru bagaimana dulu bung….kalo itu bermanfaat dan baik kenapa jadi haram…kalo dijaman nabi tidak ada yang baca doa akhir dan awal tahun trus dibilang bid”ah..koreksi diri sendiri..kacamata yang bung pakai ada ga dijaman nabi,jam yang bung pakai ada ga dijaman nabi,kendaraan yang bung pakai ada ga dijaman nabi atau sahabat gunakan…????

    • mungkin itu yg membuat para penerus nabi, sahabat dan seterusnya, seperti taraweh jaman nabi………….dan sahabat apakah sama………? banyak sekali hal2 baru dalam utk siar islam, mobil, HP, internet dll, marilah kita saling menghormati perbedaan dan jangan gampang memvonis / menghujat sesama muslim……….wah ngeri banget, mari kita focus pada yg lebih bahaya lagi, seperti program2 di TV, tekhnologi2, budaya2 dari barat yg gak ada filternya masuk begitu saja merusak anak2 dari SD – SLTA – Universitas, akan seperti apa negeri ini ? kondisi sekarang aja udah parah sekali, hal2 tersebut jauh lebih penting daripada ribut tentang perbedaan2 seperti Bid’ah atau yg lainnya, mari kita saling menghormati rukun tentrem ayem dengan perbedaan2 tersebut ora malah gelut dewe sesama orang islam…………malu kita diketawaain ama orang2 diluar islam…………..gak pernah akur, Hadits jumlahnya puluhan ribu apakah anda hapal semua…..? hati2lah biar gak jadi perang saudara, pakailah kata2 yg santun bijak walau ada perbedaan….!!!

  3. Iya nih gak ada dalilnya kyknya.. bisa aja sih berdoa apa saja dengan redaksi bahasa apa saja.. termasuk dengan redaksi di atas.. asal jangan sampai berkeyakinan bahwa itu harus berdoa seperti itu… tul gak?

  4. Kalau sy mah yg awam gini, sy baca aja artinya, doa dalam bhs indonesia nya, kan kita disuruh berdoa sebelum melakukan sesuatu, sesuatu itu ya tahun yg baru, jadi sy berdoa dulu sebelum mengerjakan tahun yg baru, kurang lebih begitulah menurut temanmu yang awam ini…

  5. saya setuju dgn gus yehia.
    asalkan tdk berkeyakinan hrs membaca doa tsb pada waktu tertentu maka doa tersebut blh dibaca.kecuali ada dalil yg kuat berkenaan doa tsb.
    wallohu’alam

    • Betul, betul, betul. Jangan sampai ada orang mau berdoa malah takut berdoa gara-gara khawatir belom diketahui yang mana dalilnya, lantas akhirnya memilih tidak berdoa.

  6. Pingback: Top Posts « WordPress.com

  7. Bismillah…

    setau aku sih emang kalo itu ditujukan untuk ibadah…
    dan jika dia tidak berittiba’ ato mencontoh kepada Rosul ya sebaiknya dan memang tidak boleh dilakukan…

    tapi untuk doa…
    ya kan terserah kita biasanya…
    kita minta apa kepada ALloh apa gitu…

    entah itu waktu awal ato akhir taun, atopun waktu sudah sholat, ato waktu kapanpun..
    kalo doa kan terserah kita yang penting tujuan nya baik…

    jadi nurut aku sih…
    Berdoa awal ato akhir taun iku apa salahnya sih…

    CMIIWW …
    Correct Me If I Was Wrong…

  8. Ya wa Salam, ga masalah selama itu do’a untuk kebaikan, dan bukan syariat yang menjadi kewajiban, sebagaimana layaknya do’a sehari-hari kita, tapi memang sebaik-baiknya do’a yang mustajab adalah yang berdasarkan hadits, atau paling tidak yang pernah dicontohkan Rasulallah, wassalam, selamat tahun baru Hijriyah, do’a untuk saudara palestine al-Quds…….

  9. Terima kasih atas kiriman doa-doa akhir dan awal tahun Hijriah, semoga Allah Hajja wa Jalla, selalu memberikan Ridho dan Rahmat-Nya kepada kita semua, amiin

  10. Terima kasih y… mdh2an Allah senantiasa mmberikan kesempatan kpd kita utk brtemu ditahun2 yg akan datang, dan menjadikan kita manusia yg lebih baik… Amiiieeennn :)

  11. ha ha ha haaaa…… … iya nih .. tahuan baru islam .. enaknya di rayakan sambil mabuk mabukan .. gak perlu doa …. ada doa malah jadi pertentangan iyakan .. mari merayakan tahuan baru islam dengan mabuk dan berzinah saja .. daripada memperdebatkan tentang doa … ayo mabuk aja … ha ha ha haaaaaaa dasar orang islam …. pertentangan nya selalu pake qunut apa gak pake qunut shalat shubuh … ha ha ha ha ha …

  12. eh brow mkasudnya apa kamu muslim g sih lo kmu muslim moga aja allah g lihat comment kamu tapi lo kamu non muslim tlong dong di jaga ucapannya dah itu aja

  13. eh…gombal…..klu gak bisa ngomong yang baik……pergi …aja lu cari comunitas yang sesuai dengan aklak moe….gombal…pisan

  14. Ass…Saudaraku sekalian tolong jika itu tk kbenaran niscya Allah akn tau atas kbenaran itu..Jgn prmsalahkn dri mna & kmana..Krna disktar kt bnyak iblis setan yg mnghasut persaudaraan kt, smoga Allah melindungi kt smua. Amin

  15. kayaknya banyak kali yg kritik doanya, sekarang ayo rame2 kita cari dalilnya jgn saling iri sementara kita kan juga ga tau dalilnya ya rame2lah kita kita cari dalilnya supaya yang lainnya gak salah ato yang punya dalil sila posting ke sini, wong bikin masjid koq dikritik, he..he.., tq

  16. intinya berdoalah…… dengan bhasa indonesia pun jg bisa… krn Allah maha tahu…..

    selamat tahun baru ISlam, buat yang belum ayo segera gabung…

    btw, boss nggak nyediakan ruang untuk tukaran link? kalo mau, aku mau tukeran link neh dengan boss!

    salam kenal!

  17. assalamualaikum wr. wb.
    jangan saling menyalahkan asal doa dr mana???yg penting doa ini baik artinya ,,kalau qt punya doa yang lain apa salahnya menambahi yang penting doa itu untuk kebaikan dan Allah menyukai orang2 yang meminta pertolongan kepada-Nya..
    semoga di awl tahun ini ALLAH memberkahi umur kita dan kesuksesa dunia akhirat..amin
    izin mengkopi doanya y trima kasih
    wasalamualaikum wr. wb

  18. Terlalu bodoh org yg menanyakan hadits dlm doa ini…. Allah mendengar tiap2 doa hambanya karna Allah maha pendengar ( sami’un) kl gak jelas liat asma’ul husna.

  19. Doa Awal Tahun & Doa Akhir Tahun

    Imam al-Hakim meriwayatkan dalam “al-Mustadrak ‘ala ash-Shohihain” dengan sanad daripada Sayyidina Abu Hurairah RA bahawa Junjungan Nabi SAW bersabda:-

    ادعوا الله وأنتم موقنون بالإجابة ،
    واعلموا أن الله لا يقبل دعاء من قلب غافل لاه

    Berdoalah kalian kepada Allah dengan keyakinan yang ianya akan diijabahkan Allah, dan ketahuilah bahawasanya Allah tidak menerima doa daripada hati yang lalai dan leka (yakni tiada kesungguhan).”

    Marilah kita memanjatkan doa akhir dan doa awal tahun yang diajar oleh para ulama kita. Menurut keterangan tuan-tuan guru kita, Doa Akhir Tahun dibaca sebelum terbenam matahari (sebelum waktu Maghrib), manakala Doa Awal Tahun dibaca setelah Maghrib. Mudah-mudahan dimakbulkan Allah. Insya-Allah, jika dikabulkan Allah, menangislah Iblis dan Syaithan atas kegagalan mereka menjerumuskan kita ke neraka. Qabuul Qabuul Ya Rabb.

  20. bid’ah itu ada 2 macam bro… bid’ah yg baik dan yg buruk… contoh diatas adalah bidah yg baik. mungkin kl anda dosanya sedikit jd gak perlu menambah nambahkan doa dan gak perlu memohon ampunan, kl kita hamba Allah yg penuh dosa jd kita menambahkan doa untuk meminta ampunan dan untuk kebaikan kita agar di ridhoi allah… tolong diliat pake mata tuh doa minta nya ke siapa? bagaimana anda bs mengatakan haram doa yg disana ada nama Allah dan meminta kepada Allah?

  21. Setiap orang punya keyakinan dan imam masing-masing. tolong jangan berpecah belah hanya berdasarkan satu maslah yang dibesarkan. Pahala dan dosa itu adalah urusan Allah… Innal insana lafi khusrin illalladzina amanu wa’amilussalihati…kita umat islam bersatulah demi kejayaan Islam.. bukan menyalahkan satu sama lain.. hormati dan hargai… toh kita tidak sepandai ulama’ mujtahid… tahukah kalian semua?? bahwa hancurnya Islam adalah dihasut oleh golongannya sendiri…maka…ayo, bangkit, bersatu demi kejayaan Islam, bukan malah saling menjatuhkan. Wallahu A’lam

  22. Setiap orang punya hak untuk berdoa karena itu bukti kedekatan seorang dengan tuhannya..selama doa itu baik..
    Jadi jangan ribut masalah Doa, piss damai tentram dengan usahanya masing2..

    saya awam…dan sya cb berusaha..

  23. Berdo’a dgn bahasa apa saja, Allah Maha tau kok. Berdo’a kok baru dicari sekarang dasar hukumnya. Bukankah kita dianjurkan utk berdo’a seesuai dgn kebutuhan kita….?
    makanya ummat islam ini tidak bisa maju-maju krn begini ini, mau berdo’a saja berdebat mencari dasar hukum. Cari tuh dalam Al-qur’an anjuran utk berdo’a. Apa labi dalam hadirts banyak sekali anjurannya.
    Mau cari siapa yg benar dan siapa yg sesat ya…..? itu bukan otoritas kita yg hina ini, itu urusan Allah. yg penting kita jgn menyekutukan Allah itu saja.

  24. banyak do’a2 maupun shalawat2 yg tidak di ajarkn zaman rasul..tp di ajarkan para habib.maupun para aulia..dst lah org2 yg tw syariat melulu ga tw byk tntg hal ini..padahal mereka para aulia para wali Allah..tdk mgkn memberikan ajaran sesat..krn hampir setiap hari bertemu Nabi dan Rasul melalui mimpi2 dan perjalanan spiritual..

  25. Berdoalah kepadaku niscaya akan aku kabulkan (al Quran…lupa suratnya)..doa terbaik adalah doa para nabi dan rasul spt tercantum dalam al quran, terus terbaik kedua doa yg dicontohkan oleh para Rasul dan Nabi seperti disebut dalam hadis soheh..doa terbaik ketiga adalah doa para sahabat nabi seperti Ali bin Abu Thalib dll, terbaik selanjutnya doa para Alim Ulama setelah para sahabat wafat, dst dst…lha yg ditanya sebetulnya doa awal dan akhir tahun itu posisinya ada dimana? jangan emosi du lah..Nabi Muhammad bilang perbedaan dalam umatku adalah rahmat..rahmat itu akan terjadi apabila perbedaan ini menambah ilmu dan wawasan kita…bukan jadi ribut dan membuat perpecahan..ini kata saya lho orang awam dalam agama…wallahu ‘alam

  26. assalamu’alaikum…
    inilah kenapa umat Islam selalu berseteru….sesuatu hal yang positif saja dipermasalahkan. saya bukanlah ahli agama dan ahli bahasa, tp saya membaca terjemah doa tersebut sangat terharu karena merasakan banyak sekali nikmat dan anugerah yang begitu banyak dari Allah SWT tapi belum mampu untuk beribadah secara maksimal. maka tidak ada salahnya kita membaca doa tersebut karena doa adalah untuk kebaikan kita bersama. saran saya yang ingin membaca doa tersebut silahkan, tetapi untuk mereka yang tidak ingin membacanya tidak usah meributkan dasar, dalil atau sebagainya. karena saya yakin Allah Maha Mengetahui dan Maha Mendengar. Mending berdoa daripada tidak sama sekali. Afwan kalo udah lancang.

    SELAMAT TAHUN BARU 1 MUHARRAM 1432 H. semoga di tahun baru ini kita menjadi lebih giat lagi beribadah kepada Allah SWT dan Agama Islam semakin jaya.

  27. enak aja mem-bid’ah-kan
    dah jelas hanya kepada Allah SWT . kita meminta … kok diharamkan ……
    setuju tuk bang Nagib …..

  28. setuju..
    kita berdoa pake bahasa apa aja Allah swt pasti ngerti bro, mau pendek atau panjang doanya. masa berdoa pake doa yang artinya bagus gitu dosa???

    kalo mau dalil, coba silaturahim sama ulama dulu lah..kan banyak habaib, kiyai, ustad, dll tu.
    tanya sama mereka yang memang paham, jumlah hadist kan banyak banget. kalo kita belum dapet dalil tentang doa diatas lewat google ya jangan langsung bilang bid`ah ga ada dalil. kalo udah belasan tahun ngaji di Al-Azhar kaioro, madinah, dll ga dapet dalil juga.baru deh ente bisa ngasih “fatwa” bid`ah…

  29. mari kt saling berpegang erat.bersatu untuk kemajuan agama islam kita……..jgn gampang terprofokasi oleh pihak2 yg mgkn akan sengaja menjrumuskan kita semua ke jurang kesengsaraan………..salam

  30. ariframdhoni&syuhada&qory, pada kampret luh, ini doa bahasanye bener, lu bilang bi’dah dasar wahabi luh, atau pks, atau orang sok bener atau baru ngaji luh

  31. terima kasih Bang, atas do’anya.
    semoga tahun ini akan lebih baik dari tahun kemarin…… amiin Ya Mujib.

    artinya :
    “BERDO’ALAH KEPADAKU (ALLOH SWT) NISCAYA AKU KABULKAN”

    Bisa menjadi dalil, kita sebagai seorang hamba di suruh berdoa.
    mau pakai bahasa apa saja asal yang penting baik buat kita dan orang lain ga ada salahnya,
    jangan asal membid’ahkan bang!!!

  32. (Ishlah al-Masajid, hal. 129; dan as-Sunan wa al-Mubtada’at, hal. 167):

    Tidak satu pun dzikir atau do`a untuk akhir tahun yang mempunyai dasar dalil di dalam syariat Islam. Pada akhir tahun, banyak orang yang berdo`a dan menyusun do`a yang tidak diperbolehkan oleh syariat Islam. Itu semua adalah perbuatan bid’ah yang tidak punya landasan syar’i.

    Syaikh Bakr bin Abdillah Abu Zaid v berkata,

    “Tidak ada dalam syari’at ini sedikit pun do’a

    atau dzikir untuk awal tahun. Manusia zaman

    sekarang banyak membuat bid’ah berupa do’a,

    dzikir, demikian pula puasa awal tahun baru,

    menghidupkan malam pertama bulan Muharram

    dengan shalat, dzikir atau do’a, puasa akhir tahun,

    dan sebagainya yang semua ini tidak ada

    dalilnya sama sekali!!”

    Pahami arti bid’ah bru bicara soal bid’ah jgn bicara tnpa ilmu, do’a jka tdk dikaitkan dgn wktu dan tempat tertentu atau dikhusukan mka tu tdk mngapa atau bkn bid’ah nmn bila dikhususkan mka tulah bid’ah

  33. kang Fahmi Al Katiri
    sampean bisa bilang “do’a jka tdk dikaitkan dgn wktu dan tempat tertentu atau dikhusukan mka tu tdk mngapa atau bkn bid’ah nmn bila dikhususkan mka tulah bid’ah” dalilnya mana kang?

  34. Banyak orang mengatakan bid’ah dan dosa seolah ia dan kaumnya adalah orang yang selamat, ikrarmu kosong bagai perut beduq, yang berhak menghakimi hanya Allah..

  35. Saudarakua semua “Menuntut ilmu itu tidak hanya pakai otak tapi juga pakai hati dan iman, karena itu berdialog, diskusi, tanya jawab, debat dlsbg juga juga harus pakai hati dan iman hingga timbul kesabaran yang berbuah sami’na wa ato’na selanjutnya tawadu’ karena kalau hanya pakai otak khawatir nanti jadi seperti umat Nabi Musa as. dan uamat sebelumnya, yang dimusnahkan Allah swt. sebab utamanya adalah amat banyak bertanya ynag menyebabkan kekufuran, semoga kita terhindar

  36. ingat toleransi itu penting, tapi tidak mengesampingkan prinsip2 Islam yang maha agung itu, ajaran Islam mungkin dapat nilai simpel, paling mudah difahami, paling lenkap dll, tapi penilaian itu standardnya harus seleranya Allah/menurut Allah, jangan selera manusia karena kalau penilaian itu menurut maunya mahlukNya maka Islam akan jadi sebuah ajaran yang sangat lemah bahkan kata Alqur’an lebih lemah dari jaring laba-laba dan kata nabi seperti buih ditengah air yang siap terombang ambing dan mudah dihancurkan, karena itu jika saudaraku masih cinta Islam masuklah ke dalam Islam seara kaffah (QS.2:108), ok!?

  37. saudara2ku yang comment diatas itu pakai namanya sendiri aja ga mau, pake nama ” kampert, wong gendeng dll nama ga jelas sebaiknya jangan begitu anda harus bangga dengan nama sendiri karena nanti nama anda yang sesungguhnya yang dipanggil Allah untuk ditanya langsung, fikir….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s