Cara Membuat Tim yang Solid

Tim yang berasal dari bahasa inggris TEAM. TEAM itu sendiri merupakan singkatan dari Together Everyone Achieve More. Yang namanya tim, biasanya jumlah anggotanya tidak begitu banyak dan masing-masing personel di tim tersebut mempunyai peranan yang penting. Salah satu tidak ada, maka personel lain akan kesulitan.

Untuk menjadi satu tim yang solid, langkah pertama yang dibutuhkan yaitu saling mengenal antar anggotanya. Ketika aku menjadi staf di tim media JMMI, pertemuan pertama untuk meyambut anggota baru adalah perkenalan. Perkenalan mulai dari nama, asal jurusan, angkatan, hobi, hal yang disukai, hal yang tidak disukai, alamat, sampai ke karakter yang diajarkan waktu LKMM PRA TD. Apakah dia seorang sanguinis, koleris, melankolis dan atau phlegmatis.

Langkah kedua adalah dengan mengenali kelebihan dan kekurangan anggota tim. Ini yang membutuhkan waktu tidak cepat. Kecuali mau ada forum terbuka untuk sharing tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Langkah ketiga adalah dengan menyatukan visi dan misi tim. Apabila semua personel sudah memahami dan mempunyai motivasi serta semangat untuk mewujudkan visi melalui misi, insyaallah akan mudah untuk bergerak.

Langkah keempat? Ada yang ingin menambahkan? Hehehe… lanjut kapan2 yaaa…

nb : Sebenarnya sudah banyak artikel yang membahas masalah tim, di pelatihan-pelatihan juga sudah banyak materi tentang itu. Aku nulis ini cuma karena satu alasan! lagi kangen ma temen2 di tim media dulu.. Fusi, Mbak Thina, Niken, Afifah,Febrita, Fitri, Anita dll. Pengen banget ngumpul bareng.

Advertisements

One comment on “Cara Membuat Tim yang Solid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s