Membuat Blog Aggregator

Blog aggregator. Apa itu blog aggregator? Sebelumnya cerita mengenai pertama kali aku taw tentang blog aggregator. Kira-kira bulan Juli atau Agustus 2008, aku sama Swamp aka Pipit maen ke markasnya Data sama Danu ( apa nama tempatnya ya aku lupa. Yang ada di belakang rektorat Univ Brawijaya). Nah, pas di situ Swamp buka blog dan dia menunjukkan suatu blog yang isinya itu kumpulan atau cuplikan-cuplikan dari blog nya anak ilkom UB. Ini linknya.Waktu itu aku berpikir, kayanya asyik juga bisa buat kaya gitu. Tapi setelah kejadian itu.. lupaaaa deh.. Ga jadi bereksperimen.. 😀

Akhirnya, setelah sekian lama melupakannya beberapa hari yang lalu aku mencoba bereksperimen untuk membuat blog aggregator. Dengan modal 3 hal :
1. Penasaran
2. Penasaran
3. Penasaran

::lebay mode on::

Yang benar itu 3 modal, yaitu :
1. Penasaran (tetap saja no 1 penasaran)
2. Tutorial membuat blog aggregator
3. Akun admin control panel anaknegeri.org

Berawal dari penasaran, aku nyoba nyari tutorial membuat blog aggregator. Seperti biasanya, nanya ke mbah google. Kata kunci yang aku ketikkan “how to make blog aggregator”. Muncul hasilnya. Tapi aku beralih lagi dengan kembali ke bahasa ibu, bahasa Indonesia 😀 Kata kuncinya “cara membuat blog aggregator” Wah, ternyata sudah banyak juga tutorial membuat blog aggregator. Alhamdulillah 😀
Langkah-langkahnya :

1) instal wordpress di hosting

Untuk hal ini aku sudah agak lupa karena terakhir kali menginstal waktu semester 4, sekitar 1,5 tahun yang lalu. Aku buka lembaran memori semester 4, dan ternyata aku dulu belajar dari mbak maya.  Lihat saja di sini. Karena membutuhkan hosting, aku pinjam hosting dan domain punya anaknegeri . Sebelumnya, aku  membuat  subdomain di anaknegeri.org untuk tempat bereksperimen. Lalu mulai menginstal wordpress di subdomain itu.Aku pake wordpress versi 2.2 Wah, jadul sekali ya.. terakhir kali saja aku lihat di wordpress sudah ada wordpress 2.7.1

2) Download plugin feedwordpress, alamatnya di http://downloads.wordpress.org/plugin/feedwordpress.0.993.zip

3) Upload plugin ke wp-content/plugins/ Jangan lupa di ekstrak file yang di upload  setelah itu.

4) Upload file rss.php dan rss-functions.php yang terdapat di folder MagpieRSS-upgrade ke direktori wp-includes

5)  Aktifkan plugin feedwordpress, caranya yaitu dengan menuju dashboard administrator wordpress. Lalu menuju ke tab plugins dan klik activate

activate_feedwordpress

6) Tambahkan feed dari blog orang lain. Caranya yaitu dengan klik tab Syndication, pada dashboard wordpress. Pilih sub tab syndication. Lalu tambahkan url feed blog. Secara default untuk mengambil feed dari blog  wordrpress, ketikkan http:// namapenggunawordpress.wordpress.com/feed Misal : https://aryu.wordpress.com/feed Alamat ini berguna untuk mengambil postingan dari blog yang dimasukkan ke blog aggregator tersebut.tambah_feed

7) Lakukan setting atau pengaturan. Caranya yaitu dengan klik tab Syndication, pada dashboard wordpress. Pilih sub tab options

8) Alhamdulillah, selesai 😀 Semoga bermanfaat..

Download tutorial lengkap di sini.

25 comments on “Membuat Blog Aggregator

  1. @ danu
    Yup, thx perbaikannya. sudah saya benerin 😀

    @hardimORG
    sama2

    @nurrahman18
    Itu tuh link dari Danu, silakan dibuka. Kalo mau tahu hasil yang saya buat ada di tutorial saya. Silakan download di sini

    @Amri MF
    Hasilnya ada di tutorial saya. Coba dilihat saja.

Leave a Reply

