Perkawinan Silang Facebook dan Pidgin

Perkawinan silang Facebook dan Pidgin, lebih tepatnya dalam hal chatting. Salah satu plugin Pidgin yang telah dibuat dan dikembangkan, yaitu Plugin Pidgin “Facebook Chat for Pidgin”

Instalasi default dari Pidgin tidak mendukung layanan chatting Facebook, tetapi dengan plugin Facebook, kita dapat melihat siapa yang sedang login di Facebook, chat dengan mereka, dan bisa juga mengupdate status Pidgin. Semuanya dilakukan dengan Pidgin. nulis-status-fb

Plugin ini pas banget buat user Pidgin yang sudah masuk kategori kecanduan Facebook. Tes dirimu apakah kamu kecanduan Facebook atau tidak.

Cara pemakaian Pidgin Facebookchat yaitu :
* Download dan install plugin sesuai dengan sistem operasi yang digunakan (Ada pilihannya untuk Windows dan Linux)
* Restart Pidgin (atau pergi ke Tools->Plugins) untuk redeteksi plugins
* Tambahkan akun baru pada Pidgin (Accounts->Manage Accounts->Add)
* Pilih “Facebook” dari daftar
* Gunakan alamat email yang digunakan untuk akun Facebook
* Mulai chatting 🙂

Cara instalasi:
Windows

* Run the .exe installer or,
* Copy the .dll file to your C:\Program Files\Pidgin\plugins\ (or equivalent) directory and restart Pidgin

Pidgin Portable

* Copy the .dll file to PidginPortable\App\Pidgin\plugins and extract the protocol icons to PidginPortable\App\Pidgin\pixmaps\pidgin\protocols

Linux

* If you have a Debian-based distro, install using the .deb package or,
* Copy one of the .so files to either /usr/lib/purple-2/ (for 32-bit Linux), /usr/lib64/purple-2/ (for 64-bit Linux), /usr/lib/pidgin/ (for Nokia/Maemo) or ~/.purple/plugins/ (if you dont have root access) and restart Pidgin

Untuk dokumentasi instalasi lebih lengkap, ada di sini

Cara untuk Update status Facebook lewat Pidgin, yaitu :
1. Account>[akun Facebook] > Set Facebook Status
ubah-status-fb
2. Lalu tuliskan status yang ingin ditampilkan untuk status Facebook.

Selain itu, plugin ini juga bisa approve friends lewat Pidgin. Apabila ada friend requests, maka otomatis akan tampil, seperti gambar di bawah ini
add-buddy-fb

Plugin ini powerfull untuk teman-teman yang ingin mengubah status Facebook tanpa harus login ke Facebook. Selain itu juga bisa berkomunikasi dengan teman-teman di Facebook aka chatting.

Semoga bermanfaat untuk tetap menjalin tali silaturahmi dengan teman-teman 😀

NB : Sayang sekali untuk ngeliat foto dari hasil tag temen-temen harus tetep login ke facebook. Sama juga halnya dengan nulis di wall. Hehehe.. 😀

Advertisements

10 comments on “Perkawinan Silang Facebook dan Pidgin

  1. cara make pidgin gimana? saya donlot versi portable…dan udah diinstall yang plugin FB nya….tapi blm bs jalan…ada settingan laen gak?

  2. cara make pidgin gimana? saya donlot versi portable…dan udah diinstall yang plugin FB nya….tapi blm bs jalan…ada settingan laen gak?

  3. untuk pigdin portabe,
    ada linknya di atas
    Untuk dokumentasi instalasi lebih lengkap, ada di sini

    Pidgin Portable
    Copy the libfacebook.dll file to PidginPortable\App\Pidgin\plugins\, copy the libjson-glib.dll to PidginPortable\App\Pidgin\ and extract the protocol icons to PidginPortable\App\Pidgin\pixmaps\pidgin\protocols\

  4. makasih banyak…
    berguna banget ni tipsnya, karena internetku lemot abis, daripada buka FB mending buka pidgin aja hemat bw..
    he2..

  5. Pingback: Yes to Pidgin « wm.azmi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s