Cara Meningkatkan Nilai Toefl : Listening

Semester 8 ini aku ngulang BIL(Bahasa Inggris Lanjut) karena nilai TOEFL tidak sesuai target. Walaupun kata teman-teman sudah cukup bagus karena sudah > 500, tapi sama saja belum dapat A πŸ˜€ (di atas A berarti nilai TOEFL di atas 550)
Setiap kali tes TOEFL, permasalahan utama ada di section 1 yaitu listening! Proyeksi nilai section 1 listening masi di bawah 50, sedangkan nilai section 2 dan 3 sudah baik. Mau konsentrasi seperti apa, telinga dibersihkan sampai 3x dan dibuka lebar tetap saja susah untuk mendengarkan logat mereka.

Nah, setelah bertanya ke teman-teman tips untuk meningkatkan TOEFL terutama di listening, sarannya yaitu dengan menonton film barat tanpa melihat subtitle. Selain itu, dengan mempelajari tipe-tipe soal LISTENING(Seperti apa tipe soal listening? InsyaAlloh menyusul :D) Karena sama halnya dengan section 2 dan 3 untuk structure dan reading and grammar, section 1 listening juga mempunyai tipe-tipe soal.
Tips yang terakhir yaitu dengan berlatih mendengarkan berita dari VOA(Voice of America) yang bisa kita download berupa mp3. Berikut ini adalah alamat situsnya http://www.voanews.com/english

Semoga bermanfaat πŸ˜€

Advertisements

43 comments on “Cara Meningkatkan Nilai Toefl : Listening

  1. wa…. iya neh.. aq drop banget di listening… nileku rendah banget di bagian itu…
    tapi dengerin musik barat trus ditulis liriknya mungkin juga bisa bantu… hehehe.. πŸ˜€

  2. Wuuih… ngejar Qum Laude y? hehe
    Di atas 500 dah bagus bgt ituh,, :mrgreen:

    Btw, sukses ya buat listenningnya… tips dari saya, beli kaset atau cd *beli..?! donlot aj kalee, Deee!* tentang percakapan dalam bahasa inggris. Trus pas tes jgn mpe bengong, soanya saya suka bengong pas dengerin orang bule pas ujian listening, suka bingung ma maksudnya πŸ˜€

  3. Wuih …. ngebet sekali ingin dapet TOEFL 550. Padahal itu kan hanya sebuah tes. Dan tes tidak banyak bisa mengukur sesuatu. Oh ya, buat info Tri Adi dan Handi pernah aku minta untuk menjadi joki TOEFL untuk seorang teman yang mau lulus kuliah yang diadain UPT bahasa. Alhasil mereka berdua hanya dapat meraup 406 dan 423. Padahal di Bahasa Inggris Lanjut mereka berdua melenggang dengan nilai A. Dan denger-denger kabar nilai Handi menembus angka 600. Kalau kamu ingin bener-bener meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kenapa nggak mencoba tes di luar ITS. Di suatu lembaga yang TOEFL-nya di akui seluruh dunia. Ato minimal memiliki sertifikat untuk mengadakan tes TOEFL?

    Oh ya, jika tes TOEFL ITS tersebut digunakan untuk melamar kerja, kurasa angka diatas 520 sudah memenuhi syarat. Jika memang perusahaan membutuhkan seseorang yang benar-benar memiliki kemampuan bahasa Inggris, biasanya mereka meminta kita tes TOEFL lagi di lembaga yang mereka tunjuk. Dan jika tes TOEFL ITS itu dipakai untuk mencari beasiswa ke luar negeri, setahuku agak percuma. Metode Prencil yang dianut tes TOEFL ITS sudah banyak ditinggal. Biasanya kita diminta untuk tes EFL yang juga meliputi tes Speaking dan Writing.

  4. pengalaman saya paling susah menginterpresentasikan arti bahasa inggris dari dialek orang india, korea, australia, dan china…mreka punya dialek yang khas dan menarik tanpa mengaburkan bahasa inggris yang ingin mreka sampaikan…saya sering terpesona dengan dialek mreka jadi suka ga fokus sama bahasa inggrisnya..hehehehe….

  5. TOEFL Score.q tahun kemarin cuma dapat ‘ B ‘ .. ,, Tapi aq jatuh di reading coz mungkin dah capek ( reading kan section terakhir ) teruz bacaan.na banyak & keburu pengin pulang :-p -> Kalau dibaca ama English teacher.q semua pasti bilang ‘ alasan aja :-p ‘ ..

    Kalau listening ama structure / grammar Alhamdulillah oke-oke aja ..
    Hmm .. sharing-sharing tips juga ach :

    1. Setuju ama Na’,, denger lagu barat bisa bantu ..
    2. Nonton film juga oke
    3. Download CD conversation juga bagus ( Baron misal.na )
    4. Nonton berita di metro Tv pas English Session juga bisa dicoba

    Inti.na sich ..

    Familiarin aja telinga kita ama cara mereka bicara, terus kalau di kelas
    BIL kan dapet diktat tu tips ngatasin soal listening .. tu aja dipelajarin,, misal Fokus cuma ama second speaker .. hindari kata dengan ucapan sama ( contoh : eat dengan heat ) ..

    Kalau ngatasin tipe soal,, usahain paling enggak tipe soal tahap 1 dan tahap 2 bener semua karena bagian ni relatif lebih mudah daripada yg tahap 3 πŸ˜€ Btw .. bicara soal TOEFL Score 550, aq jg pengin coba ningkatin lagi nich .. semangat .. semangat .. semangat .. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

    Oia .. saran sich kalau mau ngukur TOEFL Score jangan cuma d ITS
    ,, Ana .. coba di Unair,, EF atau lain-lain misal TOEFL IBT, biasa.na mahal tapi EF kadang baik hati kasih TOEFL gratisan ..

    Never give up and keep fight .. ^_^

    aryu : maaci Nuci saran2 nya πŸ˜€

  6. wah, kalau saya.. latian listening biasanya denger lagu-lagu berbahasa inggris tanpa ngeliat lirik lagunya, trus tulis. nah abis itu baru cari liriknya di internet dan bandingin bener apa ngga. hehe. πŸ˜€

    thanks ya udah naro link ke VOA nya. saya juga pengen belajar lagi lagi lagi dan lagi nih biar bisa go international πŸ˜€

  7. wah,, sesi pertama, listening! bwetul bgnet,, kadang2 bikin emosi.. πŸ˜€

    coba dengerin berita di MetroTV / di TV manapun yang pas pakai bahasa inggris,, mungkin bisa membantu.

    TOEFL saia juga msh jauuh dari 550,,
    gimana ya biar nggak lemah di reading-section? >.<

  8. Matur nuwun mbak buat tips-nya…Insya Allah bermanfaat banget !

    Ada tips buat section 2 ma 3 nya sekalian gak mbak yang gampang dan instan ? -hehe..karepe dhewe-
    Gak kalah kronis juga..hhe. πŸ™‚

  9. Kalo dari pengalaman seh, sebenernya listening gag terlalu susah. Kalo aku jeblok di listening, biasanya gara2 kurang fokus dengerinnya. Kurang fokus itu bisa karena faktor internal (lagi sakit; banyak masalah; susah memahami kata2nya karena blom pernah denger; atw bisa jadi blank/ gag ada gambaran tentang topik yang diomongin pas listening section C; dll), bisa juga eksternal (kasetnya kemresek; ruangan terlalu panas/dingin; ada noise2 lain misalnya: orang batuk, orang bisik2, barang jatuh; dll).
    Kalo buat faktor eksternal, kita bisanya cuma berdoa semoga hal2 itu tidak terjadi πŸ˜€
    Buat yang internal, banyak yang bisa dilakukan. Salah satunya ya kayak kmu yang membiasakan diri dengerin english2. Selain itu banyak2 baca juga biar gag blank banget pas section C. Trus yang paling penting sih jaga kesehatan, makan dan istirahat cukup. Tenangkan pikiran, sebisa mungkin jangan mikirin masalah2 lain yang ada.
    Nah, itu tadi kan buat preparationnya. Pas listeningnya, usahain jangan banyak mengubah fokus pandangan. Jangan memandang ke benda2/tulisan2 yang bikin konsentrasi terpecah. Kalo lebih enaknya sih merem aja. Jangan baca jawabannya dulu sebelum conversation/readingnya selese diputerin, karena itu juga bikin gag fokus.
    And last but not least.. berdoa pastinya πŸ™‚
    Begitulah sedikit tips dariku yang sok tau πŸ˜€

  10. iya bener,,,listening nya sulit banget….. padahal udah biasa denger orang debat,,,tpi kayakna suara inggris orang indo emang beda banget ma aslina…..

  11. TOEFL memang penuh perjuangan..
    udah nyoba Reading & grammar lewat baca manga-online,,
    listening lewat nonton film (kadang msih ngelirik sub-title-nya)..
    tips nya yang ini perlu dicoba juga kayaknya.. πŸ˜€
    arigato, ne;; ^_^

    aryu : do itte shimashite.. moga sukses UAS BIL nya.. πŸ˜€

  12. aku salah satu lulusan cambridge university tahun 2005 aku ingin berbagi tips..memang toefl sangat berpengaruh untuk kuliah di luar neger..tapi logikanya adalah…tarolah anda punya score di toefl >550 ttp jangan berpikir bahwa anda akan masuk universitas impian anda seperti harvar…karenaaaaa… masalaha utamanya adalah daya tampung mahasiswa…di harvard tuh punya daya tampung yang cukup besar,,,tetapi pendaftar bejibun….dan lo itu harus bersaing dengan jutaan bahkan miliaran siswa dari berbagai negara buat masuk ke universitas yang lo tuju…so…nyali gak lo…yha harus lah itu jawabannya…

  13. .:MUDAHNYA MENDAPATKAN NILAI TOEFL DI ATAS 500 ATAU BAHKAN 600:.

    AKHIRNYA!!! TELAH DITEMUKAN CARA BARU MENJAWAB TOEFL DENGAN CEPAT DAN TEPAT MELALUI METODE MINDMAP!

    Anda mungkin berpikir, meningkatkan nilai TOEFL sangat sulit. Kursus meningkatkan nilai TOEFL juga sangat MAHAL dan belum tentu efektif. Butuh waktu lama untuk belajar struktur, grammar, reading, apalagi listening.

    Mulai sekarang ubah cara pikir Anda!!!

    – Belajar TOEFL tidak perlu menghabiskan waktu!

    – Belajar TOEFL juga tidak harus MAHAL!

    – TOEFL itu mudah jika tahu trik menghadapinya

    – TOEFL itu gampang jika tahu cara menjawabnya

    Untuk mendapatkan itu semua diperlukan cara dalam menjawab soal-soal TOEFL. Dengan mengikuti cara pembelajaran ini, Anda bisa mendapatkan nilai TOEFL di atas 500 bahkan sampai 600.

    http://www.carajawab.co.cc/

    Apa itu metode Mind Map?
    Mind Map atau peta pikiran adalah sistem penyimpanan dan penarikan data (informasi) yang sangat luar biasa yang terdapat di dalam otak kita dan merupakan metode pencatatan yang mengakomodir berbagai informasi agar mudah dicerna oleh otak. Anda akan mendapatkan gambaran secara utuh berbagai teknik dalam mempelajari Toefl dengan metode Mind Map.
    Secara umum mind map dapat diartikan sebagai suatu alternatif pemikiran keseluruhan otak terhadap pemikiran yang terputus-putus. Dalam arti, mind map merupakan suatu cara berpikir yang menghubungkan satu subjek dengan subjek yang lain kemudian menghimpunnya menjadi satu kesatuan yang utuh. Secara khusus, mind map adalah suatu bentuk atau cara menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi ke luar dari otak secara visualisasi.
    Dengan mind map, setiap potong informasi baru yang kita masukan ke otak kita otomatis dikaitkan ke semua informasi yang sudah ada di sana. Semakin banyak ingatan yang melekat pada setiap potong informasi dalam kepala kita, akan semakin mudah kita mengaitkan ke luar.
    Mengapa Mind Map berhasil?
    Dengan mempergunakan Mind Map maka Anda akan mendapatkan kecepatan memperoleh masuknya informasi cara mengerjakan Toefl kedalam otak. Mind Map membantu Anda mengingat informasi yang telah disimpan. Mind Map melibatkan pikiran Anda, membantu menghubungkan informasi-informasi yang ada.

    ((baca lebih lengkap di carajawab.co.cc))

  14. thanks banget bwt infonya…lg prepare nih bwt tes Toefl untuk pertama kalinya…meskipun cuma baca buku dan nonoton film…hihihi..kmrn2 cm tryout melulu…

  15. hei gan….aku bener2 bhsa inggris g bisa…gmn carane biar bagus di toefl agar bisa target ambil TA dengan toefl itu…mana aku inggris g bisa…tlg sarannya…tx

  16. Carajawab.co.tv

    .:MUDAHNYA MENDAPATKAN NILAI TOEFL DI ATAS 500 ATAU BAHKAN 600:.

    AKHIRNYA!!! TELAH DITEMUKAN CARA BARU MENJAWAB TOEFL DENGAN CEPAT DAN TEPAT MELALUI METODE MINDMAP!

    Anda mungkin berpikir, meningkatkan nilai TOEFL sangat sulit. Kursus meningkatkan nilai TOEFL juga sangat MAHAL dan belum tentu efektif. Butuh waktu lama untuk belajar struktur, grammar, reading, apalagi listening.

    Mulai sekarang ubah cara pikir Anda!!!
    – Belajar TOEFL tidak perlu menghabiskan waktu!
    – Belajar TOEFL juga tidak harus MAHAL!
    – TOEFL itu mudah jika tahu trik menghadapinya
    – TOEFL itu gampang jika tahu cara menjawabnya

    Untuk mendapatkan itu semua diperlukan cara dalam menjawab soal-soal TOEFL. Dengan mengikuti cara pembelajaran ini, Anda bisa mendapatkan nilai TOEFL di atas 500 bahkan sampai 600.

    http://www.carajawab.co.tv/

    Apa itu metode Mind Map?
    Mind Map atau peta pikiran adalah sistem penyimpanan dan penarikan data (informasi) yang sangat luar biasa yang terdapat di dalam otak kita dan merupakan metode pencatatan yang mengakomodir berbagai informasi agar mudah dicerna oleh otak. Anda akan mendapatkan gambaran secara utuh berbagai teknik dalam mempelajari Toefl dengan metode Mind Map.
    Secara umum mind map dapat diartikan sebagai suatu alternatif pemikiran keseluruhan otak terhadap pemikiran yang terputus-putus. Dalam arti, mind map merupakan suatu cara berpikir yang menghubungkan satu subjek dengan subjek yang lain kemudian menghimpunnya menjadi satu kesatuan yang utuh. Secara khusus, mind map adalah suatu bentuk atau cara menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi ke luar dari otak secara visualisasi.
    Dengan mind map, setiap potong informasi baru yang kita masukan ke otak kita otomatis dikaitkan ke semua informasi yang sudah ada di sana. Semakin banyak ingatan yang melekat pada setiap potong informasi dalam kepala kita, akan semakin mudah kita mengaitkan ke luar.

    Mengapa Mind Map berhasil?
    Dengan mempergunakan Mind Map maka Anda akan mendapatkan kecepatan memperoleh masuknya informasi cara mengerjakan Toefl kedalam otak. Mind Map membantu Anda mengingat informasi yang telah disimpan. Mind Map melibatkan pikiran Anda, membantu menghubungkan informasi-informasi yang ada.

    ((baca lebih lengkap di carajawab.co.tv))

    Carajawab.co.tv

  17. Kalo aQ seh dpt udah 600, tp i2 2tahun lalu,sy cm brm0dal kan baca buku toefl copyan dr teman anak bahasa emank,,trus latian aja free test d go0gle banyak..tp krn skrg sbuk krja,udah jarang dpke tuh bahasa penjajah,jd pas tes lg bulan lalu jd menurun 550…haha

  18. Aku dulu prnah kecantol ga bs lulus kuliah gara2 toefl ga nyampe 450 parah bgt…apalgi mo ngelamar kerja di perusahaan besar ada syarat toefl yg lbh tinggi. Terus iseng2 browse..nemu deh buku toefl yg blajarnya enak n gampang bgt. Dlu scoreku 427 trus akhirnya bs lulus dgn score 483 n sekarang aku coba lgi 527. Keren nih..aku aja mo terus coba ningkatin scoreku lgi kali aja bs tembus beasiswa ke LN..
    nih link buku toefl yg sakti itu..
    http://www.carajawab/?id=rievaintan

    good luck.. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s