Seni Berbicara

Buku yang baru saja saya khatamkan di liburan lebaran kali ini. Seni Berbicara kepada siapa saja, kapan saja, dimana saja. Pada waktu pertama kali saya membaca buku ini, merasa gembira sekaligus menyesal karena penulis buku ini, Larry King adalah seorang Yahudi. Gembira karena tentu saja orang Yahudi dijamin oleh Alloh(tertera oleh Al-Quran) sebagai bangsa yang diberi kelebihan nikmat berupa kepintaran. InsyaAlloh, semoga kita bisa menyerap ilmunya.

Sekedar share, kalo buku ini cukup menarik, kita bisa menambah wawasan tentang komunikasi efektif, menjadi pembicara yang sukses, dan juga yang menarik dijelaskan seni mengelak. Walaupun komentator dari buku ini agak lebay karena dia menyebut “aturan Larry King” merupakan pelajaran penting bagi siapapun. Kesimpulan akhirnya tetap sama, berlaku aturan universal untuk menjadi pembicara sukses, seperti melakukan persiapan, mengenali audiens dan membuatnya sederhana serta jangan melupakan humor.

Saya mengacungkan jempol untuk Larry King(walapun saya belum pernah melihat show Larry King secara langsung), pengalaman-pengalaman yang dia tulis selama dia berkiprah menjadi pembicara kurang lebih 40 tahun menunjukkan kercerdasannya sebagai pembicara.  Dia menghasilkan buku yang sampai mendapat predikat International Best Seller juga tidak sembarangan, tentunya setelah dia melanglang buana di dunia berbicara.

Buku ini juga tidak diperuntukkan untuk yang ingin berkarir di bidang berbicara, tetapi semua orang sukses tentunya sebagian besar juga pembicara sukses dan efektif. Silakan teman-teman baca untuk diambil ilmunya.

Advertisements

11 comments on “Seni Berbicara

    • Berbicara sebenarnya gampang tetapi untuk dapat menjadi pembicara yang dicintai pendengarnya, atau bahkan disetujui dan diikuti pendengarnya yang sulit. Paling tidak ada hal-hal yang perlu dperhatikan. Betul?

  1. Pertanyaan saya dua:
    1. Ada teknik untuk berbohong yang meyakinkan gak?
    2. Ada teknik untuk merayu orang?
    Kalo ada aku pinjam dong bukunya ….
    Hahaha … Jahat sekali niatku …

    NB: hanya becanda …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s