Donor Darah Yuk Sebelum Bulan Puasa!

setetes darahSekitar 1 minggu yang lalu, teman saya mengajak saya donor darah. Wah, sayang sekali saya belum bisa ikutan donor darah, baru aja bulan lalu donor darah. So, waktu yang tepat untuk donor darah lagi 3 bulan lagi sekitar bulan September.
Setelah itu, teman saya itu nanya lagi”Kalo yang punya penyakit kaya aku(red:asma) boleh donor gak?”
Wah, diberi pertanyaan itu sempet bingung juga. Padahal saya uda pernah nulis artikel tentang donor darah. Saya menjawab, “Kayaknya sih gapapa, tapi tanya ke dokter dulu aja ya baiknya”
“Sebelum donor darah yang dicek itu berat badan, kadar Hb dalam darah, sama yang paling penting jarak waktu menstruasi minimal setelah 1 minggu selesai mens”, lanjut saya. Continue reading

TA??

Semester 7 ini aku iseng-iseng ngambil TA, kali aja beruntung dan bisa lulus semester ini. Beberapa hari yang lalu sudah konsultasi ma dosen dan akhirnya dapat topik sesuai yang aku inginkan/ Alhamdulillah… Aku tertarik banget TA tentang bioinformatics atau yang ada hubungannya dengan kedokteran. Satu hari penuh berkutat dengan internet mencari paper. Kebetulan aku tertarik dengan kanker dan leukimia. Alhandulillah, pada waktu berkonsultasi dengan Bu Yuhana aku diberi paper yang sesuai berhubungan dengan itu, Artificial Intellegence in Medicine.

Ngomong-ngomong masalah TA, kata nya penyakit TA itu cuma 1, males. Continue reading

Seek For A Nation Leader

Suhu politik Indonesia sudah mulai menghangat. Hangat-hangat kuku atau apa ya? Apalagi kalo bukan karena Pemilu 2009. Pemilu buntutnya juga pemilihan presiden. Yang sering dipergunjingkan sebelum pemilihan presiden yaitu kriteria calon pemimpin Indonesia. Sudah banyak diskusi di forum forum atau non formal tentang hal ini. Banyak kriteria yang diajukan. Salah-satunya adalah calon presiden harus S3. Ada juga yang mengajukan calo presiden itu minimal S1. Wedew, seru abis deh! Btw, ngomong-ngomong kriteria calon presiden, jadi teringat waktu kelas 1 SMA pernah ikut lomba nulis se-Jatim. Kebetulan judulnya “Seek For A Nation Leader”. Essaynya pake bahasa inggris. Tapi grammar nya asli kacau! Ga nyangka juga bisa masuk 10 besar.

Ceritanya… Dulu waktu latihan demo Taekwondo untuk siswa baru, tiba-tiba ada yang bilang kalo aku dipanggil sama PAk Teddy, guru bagian kesiswaan di SMA. What?? DUlu sempet deg2 an bgt, jangan2 aku dipanggil karena pake sandal ke sekolah! Waktu itu lagi nyeker,maklum kan lagi latian TKD. LAgi asyik nendang dolio-chagi. Akhirnya.. Cepet2 nyari pinjeman sepatu ternyata belum dapet pinjeman. Temen2 juga pada ga pake sepatu! Uda deg2 an bgt, coz Pak Teddy menuju ke arahku alias ke lapangan basket yang dipake buat latian. Walhasil aku menemui Pak Teddy masi dalam keadaan nyeker. Aku pikir masi wajar nyeker coz lagi latian. Daripada ketahuan ga pake sepatu ke skul.Ga disangka-sangka, ternyata Pak Teddy bukannya mau ngingetin aku yang ke sekolah pake sandal, tapi beliau membawa kabar gembira! Essay ku masuk 10 besar. Alhamdulillah.

Ngomong-ngomong ini dia kritera calon presiden Indonesia yang dulu aku buat. Continue reading

Oleh-Oleh Liburan KP part 2 – Resep favorit

Sudah seminggu lebih mbakku lagi terkena musibah. Jadinya ortu bolak-balik ke Jember. Sempet sehari semalam aku di rumah sendiri alias home alone, sempet juga cuma berdua sama adek atau bertiga sama Bapak dan adek aliasnya Mama ke Jember. Sedikit mencicipi garam kehidupan (weks, bahasanya). Lumayan banyak hikmah yang bisa diambil selama hampir 2 minggu ini. Gak cuma teori atau denger cerita dari orang lain. Tapi ikut merasakan dan mengalami, klo harta itu cuma titipan, rejeki itu Allah yang mengatur, 1 jam lagi kita tidak tahu apa yang terjadi dengan kita, jangan sembarangan ngomong atau tidak terima dengan takdir Allah, apalgi menantang Allah, bener-bener deh omongan itu doa. Aku ulangin lagi ya.. omongan itu DOA!! Ati2 deh dengan apa yang kita ucapkan… Betul-betul, Allah Maha Besar… Allahuakbar! Kemaren seneng banget, dapet rejeki secara tiba-tiba, besok tertimpa musibah. Tetep yakin kalo Allah sudah mengatur semua ini, dan inilah jalan terbaik bagi umatnya.. Continue reading

Pengen banget…

Pengen banget …pengen banget..tp masih ada tugas… hux…hux… Uda banyak ide.. banyak banget yg pgn ditulis.. tp …..

Selesaikan dulu tugasmu!!! Itu uda kamu pilih… Ayo selesekan animasinya!!!

NB : lg blajar Flash nih.. ada yang minta tlg buat animasi. Besok harus progres.. tp lagi pengen nulis…  ::Sedih deh… ::

CryptArithmetic bikin Gemes : CERITA BIZ UAS part 3

Tadi biz UAS yang ke 4 , yaitu mata kuliah  AI(Artificial Intelligence) atau dalam bahasa Indonesia nya Kecerdasan Buatan. Alhamdulillah sebelumnya belajar bareng sama teman2 (Itong, Ngesot, Niken, Warudani San , Vani). Thanx a lot ya teman-temanku… Kalian TOP abis deh..

Pertama kali melihat soal sempet syok karena essay semua, 6 soal. Tapi alhamdulillah, materinya uda dipelajari bareng-bareng. Soal pertama tentang CriptArithmetic. Wah.. ini pasti butuh waktu lama nih. Akhirnya aku tingggal dulu.

5 soal yang lain alhamdulillah lancar. Waktu sudah tinggal setengah jam lagi, aku mulai ngerjakan soal CrypArithmetic. Ini dia soalnya

  1. Pilih salah satu dari soal cryparithmetic di bawah. Hitung solusi dari persoalan yang saudara pilih, sertakan pula langkah-langkah pemecahannya.
    1. CELERY + TOMATO = LETTUCE
    2. SATURN + URANUS = JUPITER
    3. MEMORY + REBOOT = NETWORK 

Bobot poin soal nomor 1 itu 15. Wew , lumayan juga.. Aku putuskan mengerjakan soal yang C. Akhirnya di menit-menit terakhir mencoba mengerjakan. 1 menit terakhir… Aku (pikir) uda ketemu jawabannya. Wah, uda sumringah banget.. Wekekeke… tapi akhirnya… setelah keluar kelas… WHAT???? Ternyata salah saudara2!! Hikzzz.. kecewa berat!!!

Setelah nyampe di kos masih penasaran juga. Nyoba ngerjakan lagi.. dan akhirnya… GOTCHA!!! Ketemu dalam waktu 30 menit juga! Huh.. Kok bisa ya?? 30 menit di kelas sama di kos… Tapi ….

Yasudlah.. Ow ya?? Mau tahu jawabannya ??

MEMORY + REBOOT = NETWORK Continue reading