Blogger Juga Manusia, Blogger Punya Etika

Blogger juga manusia, punya rasa punya hati…
Jangan samakan dengan pisau belati….*

Wahai para pembaca, setujukah kalian kalau blogger juga manusia? Ya iyalah,kalau bukan manusia terus apa?? Blogger juga manusia, karena manusia punya rasa dan juga hati. Bisa seneng, sedih, sebel, kecewa dll. Trus apa hubungannya dengan judul di atas? Blogger Juga Manusia, Blogger Punya Etika?

Beberapa kali ini saya menemukan fakta langsung dari beberapa blog. Di blog tersebut tertulis tentang wewenang pembaca untuk mengkopi artikel. Kalo di blog Aryu tertulis

“Etika Copy Paste
Tunjukkan kalo blogger juga punya etika.. Kalo mau copy paste artikel yang ada di blog ini, cantumkan link/referensi dari blog ini :)”

Continue reading

Malang vs Pekanbaru

Beberapa perbedaan mencolok antara kota tempat saya dibesarkan(dibesarkan, bukan dilahirkan) dan kota tempat saya tinggal 1 bulan yang lalu, yang membuat saya takjub dan (semoga semakin) bersyukur atas hidup ini. Berikut ini adalah perbedaan Pekanbaru dan Malang dari perspektif Aryu :

1. Di Pekanbaru lebih banyak warung masakan padang daripada lalapan/penyet. Kalo waktu di Surabaya di dekat kampus saya dulu lebih banyak warung lalapan dan harganya tentu saja relatif lebih mahal masakan Padang daripada lalapan. Beda halnya dengan di Pekanbaru yang harga lalapan bisa mencapai belasan ribu.
2. Cuaca di Pekanbaru tentu saja lebih panas daripada di Malang. Satu hal lagi, di Pekanbaru lebih gersang daripada di Malang. Waktu itu saya berjalan kaki dari kos ke tempat berjualan sayur . Jam masih menunjukkan pukul 9 pagi. Anehnya saya tidak bertemu dengan satu orang pun yang berjalan kaki. Semuanya berkendaraan baik mobil atau motor. Yang naik sepeda pancal hanya 1 saja pada saat itu. Memang saya akui panas sekali dan belum juga sampai ke toko yang saya maksudkan, saya memutuskan untuk berhenti di toko yang lebih dekat yang juga menjual sayuran. Tetapi toko yang lebih dekat ini sayuran yang dijual sudah tidak segar lagi.
3. Waktu adzan berselisih waktu lebih dari setengah jam. Kalau pada saat itu di Malang adzan Subuh sekitar jam 4, di Pekanbaru adzan Subuh jam 5 kurang 10. Jadi jam 6 di Pekanbaru masi gelap, sama halnya dengan jam 5 di Malang kira-kira. Continue reading

Uneg-Uneg Buat Ad Review Camp

Paid review Indonesia sudah mulai bermunculan. Launching pertamanya pun diterima dengan hangat oleh para blogger Indonesia sebagai salah satu cara  blog monetize(mendapatkan uang dari blog). Paid review Indonesia pertama yaitu Reviewmu.com punya Mas Cosa Aranda. Ada juga Ad Review Camp dari JogjaCamp.

Saya bukan paid reviewer(sampai sekarang ga pernah buat review yang dibayar, lebih sering jadi independent reviewer, nge-review apa yang saya suka). Saya juga tidak akan menjelaskan atau membandingkan antara Reviewmu dan AdReviewCamp. Silakan lihat sendiri saja. Iseng-iseng saya mendaftar di kedua tempat itu. Dan beberapa jam yang lalu saya membuka AdReviewCamp. Di situ ada program afiliasi. Kita memasang banner dan mendapatkan fee apabila kita mengarahkan orang lain untuk melakukan transaksi di AdReviewCamp. Saya coba menjadi referrer ( bener ga istilahnya?). Ketika saya mencoba untuk memasang banner ada tampilan yang kurang user friendly.
Ini dia
pilih-banner Continue reading

‘Pedjoeang IT’ untuk Indonesia

“Sabtu (17/4) malam menjadi hari yang panjang bagi KPU karena situs webnya diserang hacker. Akibatnya, PC data tabulasi KPU pusat yang berada di Hotel Borobudur, Jakarta, untuk sementara tidak diaktifkan. “Komputer dimatikan akibat ada hacker yang masuk. Kira-kira sejak pukul 18.30 WIB,” kata Ali Yahuti R., anggota Domestik Press Data Tabulasi KPU.

Serangan hacker yang tak disangka-sangka ini mengakibatkan nama-nama partai politik berubah. Dari data print out terakhir, parpol-parpol tadi berubah seperti Partai Golkar jadi Partai Jambu, Partai Demokrat jadi Partai Air Minum Kemasan Botol, Partai Amanat Nasional menjadi Partai Dibenerin Dulu Webnya, Partai Persatuan Pembangunan menjadi Partai Mbah Jambon, Partai Bulan Bintang jadi Partai Cucak Rowo, dan lain-lain.” ( KoranTempo – Situs KPU dibobol Hacker)

Aryu yakin berita 5 tahun yang lalu pasti masih segar di ingatan kita. Begitu pula halnya dengan berita Apalagi menjelang Pemilu di tahun 2009 ini ( Hanya mengingatkan, kalo kita harus milih lho… Fatwa MUI kalo Golput kan haram ūüėÄ )

Sebenarnya orang pintar di Indonesia itu banyak kok. Buktinya Dani Firmansyah kuliahnya tidak mengambil jurusan yang berhubungan dengan komputer. Beliau mengambil  jurusan sosial yaitu Hubungan Internasional.

Begitu pula halnya orang jenius Indonesia yang saking jeniusnya hobi membuat virus. Kebanyakan dari mereka malah bukan dari berlatarbelakang pendidikan IT. Keingintahuan dan ketekunan mereka akhirnya mereka berhasil membuat virus ini, itu, dan lain sebagainya.pedjoeang-it

‘Pedjoeang IT’ bermanfaat bagi negara
Pedjoeang IT? Apa itu? Kita bahas tiap kata ya. Pedjoeang diambil dari kata pejuang tapi dengan ejaan yang belum disempurnakan. Kenapa memakai istilah itu? Mengingatkan kita bahwa pedjoeang di zaman penjajahan dulu sangat bersungguh-sungguh untuk merebut kemerdekaan. IT adalah Information Teknologi, yang kalau dijadikan Bahasa Indonesia ya Teknologi Informasi. Teknologi Informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat lebih luas sebarannya dan lebih lama penyimpanannya. (sumber :  wikipedia )  Pedjoeang IT adalah orang yang berkecimpung dunia IT dan mendedikasikan dirinya dengan ilmu IT yang dia miliki.
Terus apa hubungannya pedjoeang IT dengan cuplikan artikel di atas? Continue reading